AWLADY Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 2 (2020)

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM BELAJAR MANDIRI PENDIDIKAN JASMANI MAHASISWA PG-PAUD

Oka Irmade (Universitas Slamet Riyadi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi mahasiswa PG-PAUD Universitas Slamet Riyadi terhadap media YouTube dalam membantu belajar mandiri pada mata kuliah praktek yaitu Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD berjumlah 12 orang yang dipilih dari mahasiswa yang mempunyai kemampuan awal tentang kompetensi gerak yang rendah atau bukan seorang olahragawan. Data penelitian berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memilih media YouTube untuk pendamping belajar mandiri pada mata kuliah jenis praktek (pendidikan jasmani) karena dapat memberikan banyak informasi materi melalui video, waktu belajar yang fleksibel dan mudah diakses. Namun YouTube juga punya keterbatasan yaitu tidak adanya  timbal balik (hanya komunikasi satu arah) dan tidak bisa dijadikan bahan evaluasi. Media YouTube tidak serta merta dapat membantu sepenuhnya belajar mandiri pada mata kuliah praktek terbukti mahasiswa masih membutuhkan peran dosen untuk mengevaluasi proses belajar geraknya, benar tidaknya, sehinga sebagai prasyarat untuk melanjutkan mempelajari gerakan selanjutnya.

Copyrights © 2020