INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental
Vol 5 No 2 (2020): INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental

Peranan Religiusitas dalam Menjelaskan Intensi Membeli Kosmetik Berlabel Halal

Lita Indah Cahyani (Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya.)
Dewi Syarifah (Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya.)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas terhadap intensi membeli kosmetik berlabel halal. Religiusitas adalah tingkat konsepsi dan komitmen seseorang terhadap agamanya. Sedangkan, intensi membeli adalah indikasi seberapa kuat keyakinan seseorang untuk mencoba suatu perilaku dan mengupayakan perilaku tersebut. Penelitian ini dilakukan pada 183 wanita Muslim di Surabaya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi skala religiusitas berjumlah 19 aitem sedangkan intensitas membeli menggunakan skala yang berjumlah 8 aitem. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara religiusitas dengan intensi membeli kosmetik berlabel halal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INSAN

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental adalah terbitan berkala yang menyajikan kajian empirik, kajian teoritik dan ulasan buku yang berkaitan dengan isu-isu terkini dalam kajian psikologi dan kesehatan mental. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental awalnya bernama INSAN Media Psikologi. ...