Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 6, No 2 (2020)

MODERASI BERAGAMA DALAM BAHAN AJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERGURUAN TINGGI UMUM SWASTA (Studi di STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang)

Abdul Aziz (STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang)
Najmudin Najmudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moderasi beragama dalam bahan ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Swasta dengan loku penelitian STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dosen Pendidikan Agama Islam, observasi dan studi teks bahan ajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan model Miles dan Hubermen. Dalam model analisis Miles dan Huberman ada tiga tahap kegiatan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, suplai data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku yang dijadikan sebagai rujukan bahan ajar PAI di STIE Putra Perdana adalah buku Pendidikan Agama Islam karya Prof. Dr. Daud Ali. Daud Ali dalam bukunya tidak secara eksplisit membahas tentang tema moderasi beragama, tetapi dalam konten kajiannya terkandung nilai-nilai moderasi. Nilai-nilai moderasi terinternalisasi dalam bahasan Agama dan manusia, agama dan alam semensta, Sumber dasar dasar hukum Agama Islam, kerangka dasar Agama Islam, Akidah, syariah dan Akhlak. 

Copyrights © 2020