JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 13, No 2 (2020): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 13 Nomor 2 Agustus

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONCEPT DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA

Imam Muqimil Haq (Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta)
Suyono Suyono (Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta)
Pinta Deniyanti (Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan self concept siswa ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 24 Jakarta sebagai sekolah eksperimen dan di SMAN 7 Jakarta sebagai sekolah kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 24 Jakarta dan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Jakarta. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Ekspositori; (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis; (3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mempunyai pengetahuan awal matematis tinggi dengan pemberian model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari pada siswa yang diberi perlakuan ekspositori; (4) self concept matematis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori; (5) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap self concept siswa; (6) self concept siswa yang mempunyai pengetahuan awal matematis tinggi yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari pada siswa yang diberi perlakuan ekspositori. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, self concept, model pembelajaran SSCS, pengetahuan awal matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...