Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh self esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dan bagaimana hubungannya. Diambil sampel 40 siswa kelas XI dari SMA Ya Bakki Kesugihan Cilacap 2019/2020. Instrumen tes komunikasi matematika dan angket self esteem diberikan kepada siswa yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji regresi linear sederhana. Prasyarat analisis hipotesis regresi linear sederhana yang harus terpenuhi adalah uji normalitas dan uji linearitas. Menggunakan , diperoleh hasil bahwa H0 ditolak sebab nilai sig. 0,002 > 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self esteem dan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model regresi . Hubungan antara variabel tersebut bersifat korelasi positif karena diperoleh nilai koefisien korelasi yang berarti bahwa semakin tinggi self esteem siswa akan semakin baik kemampuan komunikasi matematikanya dan sebaliknya. Besarnya nilai self esteem dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika yaitu 22,3%.Kata kunci: Self Esteem, Komunikasi Matematika, Regresi Liner
Copyrights © 2020