Sari Pediatri
Vol 22, No 6 (2021)

Validitas dan Reliabilitas Ages & Stages Questionnaire: Social-Emotional 2 versi Indonesia Validitas dan Reliabilitas Ages & Stages Questionnaire: Social-Emotional 2 versi Indonesia

Citra Cesilia (Department Ilmu Kesehatan Anak Universitas Padjadjaran)
Diah Asri Wulandari (Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran / Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin, Bandung)
Meita Dhamayanti (Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran / Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin, Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Latar belakang. Identifikasi dini gangguan sosial, emosi, dan perilaku merupakan hal penting untuk anak usia 3 tahun kebawah. Saat ini belum ada instrumen skrining untuk kelompok usia tersebut.Tujuan. Untuk menilai validitas dan reliabilitas Kuesioner Ages & Stages Questionnaire: Social-Emotional 2 versi Indonesia Metode. Studi ini merupakan studi potong-lintang yang dilakukan pada periode Agustus 2018 hingga November 2018 di Puskesmas Garuda, Bandung, Indonesia. Hasil. Sebanyak 659 dari 689 anak-anak terlibat pada studi ini. Hasil Cronbach’s alpha berkisar 0,486-0,779 sedangkan metode Split-half berkisar 0,08-0,91. Koefisien korelasi studi ini sebesar 0,68-0,95.Kesimpulan. Uji validitas ASQ:SE-2 pada usia 12-36 bulan memenuhi kriteria validitas. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach alpha pada kelompok usia 18, 24, dan 30 bulan memiliki reliabilitas yang cukup baik, adapun pada kelompok usia 12 bulan hasil uji reliabilitas dibawah cut-off point yang menunjukkan hasil tidak reliabel.

Copyrights © 2021