Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 4 No 1 (2020)

Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction

May Wilasih (Guru Kompetensi Keahlian Pemasaran, SMK Negeri 2 Magelang)
Sri Umi Kisworini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2020

Abstract

Rendahnya pemahaman, minat, dan adanya kesulitan siswa dalam menguasai materi Pencatatan dan Penilaian Dalam Persediaan Bisnis Ritel (PPDBR) di Kelas XII Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) Semester Gasal Tahun 2018/2019 di SMK Negeri 2 Magelang menyebabkan rendahnya capaian kompetensi siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi siswa terhadap materi PPDBR. Peningkatan pemahaman dan kompetensi siswa diukur berdasarkan jumlah siswa kompeten. Sampel penelitian adalah siswa Kelas XII Jurusan BDP-2 Semester Gasal Tahun 2018/2019 di SMK Negeri 2 Magelang. PTK ini terdiri atas 3 tahap, yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang kompeten setelah penerapan model pembelajaran explicit instruction, yaitu dari 5,71% (2 siswa) pada pra siklus, meningkat menjadi 42,86% (15 siswa) pada siklus 1, dan meningkat menjadi 82,86% (29 siswa). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction terbukti mampu meningkatkan kompetensi siswa. Penerapan model tersebut juga mampu meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan ketrampilan siswa, dan sebagian besar siswa senang dengan penerapan model tersebut. Hasil ini membuktikan bahwa model pembelajaran explicit instruction layak diterapkan pada materi-materi pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2020