Diglosia
Vol 5, No 1 (2021): Februari

Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP

Daroe Iswatiningsih (Universitas Muhammadiyah Malang)
Fauzan Fauzan (Universitas Muhammadiyah Malang)
Dluhayati Dluhayati (Unknown)
Yanti Karunia Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Kondisi pandemi Covid 19 yang masih belum reda menuntut pembelajaran berlangsung secara daring. Sesuai dengan surat edaran Kemndikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat  Penyebaran Covid 19 lebih memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia secara daring yang membangun kecakapan hidup bagi peserta didik berupa keterampilan berbahasa pada ranah kognitif dan psikomotorik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data berupa pernyataan guru dan siswa dalam proses pembelajaran serta dokumen nilai. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif. Hasil penelitian dibedakan dari tiga temuan, yakni proses pembelajaran yang bersifat daring, kendala pembelajaran, dan efektivitas pembelajaran yang didasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diperoleh peserta didik pada ranah kognitif dan psikomotorik.  Pembelajaran selama pandemi covid 19 bersifat daring dan luring (blended learning). Ditemukan kendala dalam pembelajaran, khususnya yang dialami peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia melalui daring dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada aspek kognitif dan psikomorik berjalan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa baik di atas KKM.Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, pembelajaran daring, keterampilan berbahasa, kompetensi kognitif, kompetensi psikomotorik The condition of the Covid 19 pandemic that has not subsided requires learning to take place online. Following the circular of the Ministry of Education No. 4 of 2020 on the Implementation of Education Policy in the Emergency Period of the Spread of Covid 19 focuses more on life skills education. Therefore, this study aims to describe the effectiveness of online Indonesian language learning that builds life skills for learners in the form of language skills in the cognitive and psychomotor spheres. The research method uses descriptive qualitative. Data in the form of statements of teachers and students in the learning process as well as value documents. Data collection techniques with observations, interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques use interactive. The results of the study were distinguished from three findings, namely online learning process, learning constraints, and effectiveness of learning based on minimum completed criteria (KKM) obtained by learners in the cognitive and psychomotor spheres.  Learning during the covid 19 pandemics is online and blended learning. There are obstacles in learning, especially those experienced by students. Online learning of the Indonesian language in improving language skills in cognitive and psychomotor aspects is effective. This is demonstrated by the achievement of students' grades well above KKM.Keywords: Effectiveness of learning, online learning, language skills, cognitive competence, psychomotor competence

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dl

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, ...