EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol 6 No 1 (2020): Volume 06 No. 01 Juli 2020

ANALISIS KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI MA AL IHSAN TEMBELANG JOMBANG

Ospa Pea Yuanita Meishanti (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2020

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the implementation of biology learning practicum for class XI IPA MA AL IHSAN Tembelang Jombang. This research is a qualitative descriptive study, with the research sample being students of class XI IPA randomly sampling with a total sample size of 15 students. The data collection technique was carried out by using an observation questionnaire on the activities of students in the practicum then the data were analyzed using descriptive statistics. The results showed that the results of the questionnaire for the implementation of the learning practicum with the criteria applied properly were 74.75, the results of the psychomotor assessment instruments in the group were 74.8 with good criteria, while the results of interviews with informants obtained some information that the planning of biology practicum activities was not in accordance with the existing curriculum because some obstacles. Keyword : Analysis, Practical work biology, psikomotor evalution ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum pembelajaran biologi peserta didik kelas XI IPA MA AL IHSAN Tembelang Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sampel penelitian merupakan peserta didik kelas XI IPA secara random sampling dengan jumlah sampel secara keseluruhan yaitu 15 peserta didik. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam praktikum kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Angket pelaksanaan praktikum pembelajaran dengan kriteria diterapkan dengan baik yaitu sebesar 74.75, hasil instrumen penilaian psikomotorik dalam kelompok sebesar 74,8 dengan kriteria baik, sedangkan hasil wawancara kepada informan diperoleh beberapa informasi bahwasanya perencanaan kegiatan praktikum biologi belum sesuai dengan kurikulum yang ada dikarenakan beberapa kendala. Kata Kunci : Analisis, Praktikum biologi, penilaian psikomotor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...