JURNAL KONSELING GUSJIGANG
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2020

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun)

Asri, Dahlia Novarianing (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran konsep diri siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya konsep diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 54 siswa diambil dari 2 kelas di kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif yang dilakukan selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) sebanyak 68,52% siswa memiliki konsep diri positif, dan 31,48%siswa memiliki konsep diri negatif, (b) terbentuknya konsep diri dipengaruhi oleh faktor kompetensi, pengalaman yang diperoleh selama berinteraksi dengan orang lain, interaksi subjek penelitian dengan lingkungan sosial, dan citra diri, sedangkan faktor jenis kelamin tidak memiliki korelasi dengan tumbuhnya konsep diri dalam diri siswa.

Copyrights © 2020