Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4 Blitar

Siti Rohmawati (SMP Negeri 4 Blitar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dapat disebabkan antara lain, rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran agama . Guru sering memberikan pelajaran dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa tidak termotivasi dan merasa jenuh sehingga motivasi untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatifnya tidak muncul bahkan tidak akan pernah muncul karena siswa sejak awal pembelajaran sudah tidak tertarik. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model Problem Based Learning di kelas VII-C SMP Negeri 4 Blitar dan mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilakukan dalam dua siklus tindakan meliputi tahapan perencanaan, observasi, analitis, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah RPP, tes, dan format observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yaitu untuk penilaian afektif siklus I pertemuan ke-1 63,08%, pertemuan ke-2 66,2%. Pada siklus II pertemuan ke-1 73,53%, pertemuan ke-2 77,29%. Pada penilaian siklus III pertemuan ke-1 77,33% dan pertemuan ke-2 82,58%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...