Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri
2020: SNTIKI 12

Hubungan Sistem Pembelajaran Daring Di Era COVID-19 Terhadap Kesehatan Mental Guru SD: Uji Chi-Square dan Dependency Degree

Karina Karina (Jurusan Matematika, FST, UIN Suska Riau)
Riswan Efendi (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Lisya Chairani (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Pandemi COVID-19 memicu perubahan sistem pembelajaran dari luring menjadi daring. Perubahan mendadak ini tentunya memberi dampak positif dan negatif pada siswa, mahasiswa, orang tua, guru dan dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sistem pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19  terhadap kesehatan mental guru SD. Responden penelitian ini adalah 32 orang guru SD. Penelitian ini menggunakan dua uji yaitu uji chi-square dan dependency degree.  Kedua uji tersebut sangat sesuai digunakan untuk data-data kategori dengan jumlah yang sedikit dengan tujuan agar dapat saling menguatkan pengambilan keputusan meski data yang digunakan sangat sedikit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan teknologi berhubungan terhadap kesehatan mental dengan tingkat ketergantungan sebesar  dan efektifitas pembelajaran daring juga berhubungan terhadap kesehatan mental guru dengan tingkat ketergantungan . Penelitian pendahuluan ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dalam pengambilan keputusan terkait pembelajaran daring dan kesehatan mental guru SD. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SNTIKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

SNTIKI adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ISSN 2579 7271 (Print) | ISSN 2579 5406 ...