Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 3 (2020)

Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Dwi Endah Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didi Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2020

Abstract

Dalam kurikulum matematika, aljabar telah dikenal luas sebagai salah satu topik paling sulit, yang mengarah pada kesulitan belajar di seluruh dunia. Di Indonesia,kinerja aljabar adalah masalah penting. Tren Matematika Internasional and Science Study (TIMSS) 2007, prestasi pelajar Indonesia dalam aljabardomain secara signifikan di bawah rata-rata kinerja siswa di Tenggara lainnyaNegara-negara Asia seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Fakta ini memunculkan hal inistudi yang bertujuan untuk menyelidiki kesulitan siswa Indonesia dalam aljabar. Untukmelakukannya, studi literatur dilakukan pada kesulitan siswa dalam aljabar awal. Lanjut,tes tertulis individu pada tugas-tugas aljabar diberikan, diikuti oleh wawancara.  Sampel diambil dari 10 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tambang  mengerjakan tes tertulis, dan 5 di antaranya di wawancarai kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung aljabar dari berbagai aspek.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...