Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan
Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan (JGEL)

Pengaruh Materi Interaksi Sosial Dengan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs 25 Jakarta

Moh. B. Ali Sya’ban (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Esti Mujiati (Madrasah Tsanawiyah 25 Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving pada materi interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs 25 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan jumlah sampel 36 siswa yang dibagi menjadi 2 kelolmpok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini memberikan keterangan: 1) tidak ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS dengan metode pembelajaran problem solving baik secara eksperimen dan kontrol; 2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi interasi sosial mata pelajaran IPS secara eksperimen; dan 3) tidak terdapat interaksi antara hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran problem solving baik secara eksperiman dan kontrol.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jgel

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Jurnal Geografi Edukasi dan Lingkungan (JGEL) ISSN 2579-8499 (print), ISSN 2579-8510 (online) is an national journal in Indonesia published by the Departement of Geography Education, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, concerns with physical geography, human geography, geography techniques, ...