Abstrak Pada perkembangannya model, pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI khususnya di lembaga pendidikan formal hanya bersifat operasional dan teknis sehingga materi pembelajaran PAI mengalami involusi atau penyampaian materi PAI bersifat statis dan menoton. Mestinya pendekatan, strategi, dan metode PAI harus saling berkaitan dengan visi, materi, kurikulum, sarana-prasarana, dan evaluasi pendidikan agar mendapatkan kualitas yang optimal, sehingga pembelajaran PAI yang dilakukan di lembaga pendidikan formal maupun nonformal mampu memberikan landasan teoritik mengenai konsep PAI sehingga pembelajaran PAI mengalami perkembangan dan transformasi ke arah yang lebih baik. Model penelitian ini adalah library-research, data penelitian dari sumber primer dan data sekunder. Kemudaian data-data ini diolah degan analisa konsep. Kesimpulan penelitian ini adalah aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran PAI dapat dilihat dalam 8 kunci keunggulan yang ada pada Quantum Teaching, 8 kunci itu menyediakan cara yang bermanfaat untuk mendapatkan keselarasan dan kerjasama. 8 kunci itu memasang kerangka kerja bagi lingkungan yang saling mendukung dan mempercayai dimana setiap peserta didik dihargai dan dihormati. Sehingga belajar bisa berlangsung tanpa adanya sebuah ancaman. 8 kunci keunggulan itu adalah: Integritas (kejujuran), kegagalan awal kesuksesan, berbicaralah dengan niat baik, hidup disaat ini, komitmen, tanggung jawab, sikap luwes (fleksibel), keseimbangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020