PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 2 (2020): PENTAS: November 2020

MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN MEDIA BENDA ASLI SISWA KELAS I SDN BANJAREJO KARANGBINANGUN TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

Suharti Suharti (SDN Banjarejo Karangbinangun)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah metode eksperimen dengan media benda asli pelajaran SBDP dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas I SD Negeri Banjarejo Karangbinangun Lamongan tahun pelajaran 2018-2019 sejumlah 11 anak. Hasil belajar mengalami peningkatan. Hal itu ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa. Dalam siklus I rata-rata nilai 78, ketuntasan belajar 73%, penguasaan materi 78%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai 81, ketuntasan belajar 100%, penguasaan materi 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen media benda asli terhadap peningkatan prestasi belajar karya ekspresi dua, tiga dimensi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pentas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is a journal published by Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan This journal which is published twice a year provides a room for researchers, ...