INTAJUNA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra Arab
Vol. 1 No. 1 (2017)

Implementasi Kurikulum 2006/KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

Mustofa, Mustofa (Unknown)
Musri’ah, Musri’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2017

Abstract

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Metode penelitan yang digunakan jenis kualitatif dengan jenis studi kepustakaan yang dimana data diambil dengan sumber referensi beberapa buku yang terkait dengan kurikulum dan unsur-unsurnya. Adapun hasil yang telah diskusikan dalam hal ini adalah KTSP merupakan batu loncatan kemajuan pendidikan. Dengan kebijakan baru mi, sekolah hisa membuat silabus, kurikulum. dan indikator—indikatornya sendiri. Mesti menentukan silahusnya sendiri namun standar kompetensi dan isinya harus sesuai dengan yang telab ditetapkan pemerintah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

intajuna

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

INTAJUNA : Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Kajian Bidang Pendidikan Bahasa Arab Berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang pendidikan bahasa arab dengan sub fokus Strategi Pembelajaran Bahasa Arab,Metode PBA, Media PBA,Kurikulum ...