Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 4, No 2 (2021): Indonesian Journal of Education and Learning

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGELASAN PERALATAN LAS OKSI ASETILIN MENGGUNAKAN TEKNIK CROSSWORD PUZZLE

Heri Kusdiyanto (SMK Negeri 1 Batealit-Jepara)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir kritis, bertanya, berkomunikasi dan berkarya  melalui penerapan model pembelajaran Crossword Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian siswa dalam pelajaran sangat tinggi,   menjawab pertanyaan guru (dengan inisiatif sendiri) sedang, mengerjakan tugas sangat tinggi,bertanya sedang, dan kemauan untuk mencari sumber belajar lain sangat tinggi. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,84% terjadi peningkatan 20,89% jika dibandingkan sebelum menerapkan model pembelajaran Crossword Puzzle. Oleh karena itu, para guru pengelasan oksi asetilin diharapkan menerapkan model pembelajaran Crossword Puzzle pada proses pembelajaran sebagai alternatif model pembelajaran, khususnya pokok bahasan pengelasan las oksi asetilin. Para peneliti dapat mengembangkan hasil penelitian ini lebih mendetail pada mata pelajaran pengelasan atau lainnya.

Copyrights © 2021