TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 11 No. no 1 (2021): TARBIYAH ISLAMIYA

INTERAKSI EKO-HUMANISME DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF PERSPEKTIF ISLAM

Nur Siti Nur Laely (Unknown)
Tutuk Ningsih (Pascasarjana IAIN Purwokerto)



Article Info

Publish Date
21 May 2021

Abstract

Dalam Islam, sikap eksklusif terhadap sesama sangatlah dihindari Pendidikaninklusif yang notabene memberikan pendidikan pada penyandang disabilitasternyata masih dipahami sempit dan terbatas pada bangku sekolah. Seharusnyapendidikan inklusif tidak saja berhenti pada ruang sekolah, tetapi juga padalingkungan masyarakat sebagai bentuk sikap inklusif. Penelitian ini merupakankajian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tekstual dan fenomenologi.Pendidikan inklusif sebagai keterbukaan dalam menerima beragam latar antarsesama manusia menjadi hal yang harus diwujudkan untuk mencapai interaksieko-humanisme.

Copyrights © 2021