LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 10 No. 2 (2020): November 2020

ANALISIS KETERAMPILAN MENYUSUN RPP MAHASISWA CALON GURU IPA MENGGUNAKAN ACTIVE LEARNING

Lina Arifah Fitriyah (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang)
Nur Hayati (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Suatu pembelajaran perlu dirancang atau direncanakan agar proses pembelajaran berlangsung secara teratur dan memperoleh hasil baik sesuai keinginan. Merencanaan pembelajaran adalah membuat perkiraan tentang kegiatan ketika akan melaksanakan pembelajaran. Mahasiswa sebagai calon guru dibelajarkan menggunakan active learning untuk menentukan tujuan, materi, metode/model, media dan sumber pembelajaran, serta menetapkan alokasi waktu dan menyusun kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum IPA di SMP/MTs. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mahasiswa dalam menyusun RPP dengan memonitor kemajuan belajar mahasiswa dalam menyusun RPP tersebut melalui asesmen RPP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre experimental desain. Data dikumpulkan menggunakan teknik penugasan yaitu pembuatan RPP yang mengacu pada standar proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa dalam menyusun RPP dapat dikatakan baik dengan data skor rata-rata keterampilan mahasiswa menyusun RPP adalah 80,80 (baik) dan hasil uji t dengan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000.

Copyrights © 2020