Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 16 No. 1 (2020): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan

Self Control Belajar Siswa di Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Dosi Juliawati (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Hengki Yandri (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Nera Afrifadela (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar masih adanya indikasi siswa yang memiliki self control belajar yang lemah, padahal mereka berada pada era revolusi industri 4,0 yang mengharuskan seseorang memiliki self control belajar yang baik. Jika ini tidak dilakukan tindakan preventif maka akan mengganggu proses belajar siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap tingkat self control belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 36 orang. Data diungkap menggunakan angket dengan skala self control dan dianalisis menggunakan rumus persentase dan skor ideal. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa rata-rata tingkat self control belajar siswa di sekolah berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah untuk membuat program bimbingan dan konseling dan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan tema self control belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan (e-ISSN 2615-6547, p-ISSN 1858-1080 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic Institute of Kerinci. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for ...