Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar fisika. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data dengan menggabungkan data yang relevan sesuai dengan yang sedang diteliti. Langkah yang dilakukan yaitu dengan membaca, mempelajari dan menelaah literatur yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan peningkatan hasil belajar. Data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari jurnal, artikel, skripsi maupun sumber-sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji gain, uji normalitas dan uji-t sampel berpasangan. Hasil rata-rata yang didapatkan saat pre-test yaitu sebesar 37. Sedangkan hasil rata-rata yang diperoleh post-test sebesar 83 dan rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,73. Sehingga didapat bahwa thitung lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika, daripada diterapkannya pendekatan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2021