PENDIPA Journal of Science Education
Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER

Model Pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus

Askha Meliana Adi Ningrum (Unknown)
Suliyanah Suliyanah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model ECIRR. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ponggok yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak kemudian terpilih XA1, XA2, dan XA3. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan sebagai indikator keterlaksanaan proses pembelajaran dan soal pre-test post-test sebagai indikator peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model ECIRR didapatkan berkategori sedang dan hasil belajar peserta didik meningkat dalam kategori sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...