CONSILIA
Vol 3, No 3 (2020)

BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BUTON UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL SISWA

Wa Ode Husniah (Universitas Muhammadiyah Buton)
Maria Ulfa (Universitas Muhammadiyah Buton)
La Ode Herman Susanto (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan permainan tradisonal Buton melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan proposal sosial siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode  pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baubau yang berjumlah 27 siswa. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 10  siswa, teknik analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon. Hasil pemberian posttest menunjukkan ada peningkatan prososial siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan tradisional Buton, dengan 10 Sampel yaitu 30% atau 3 siswa dalam kategori sedang dan 7 siswa atau 70% prososial siswa meningkat;  ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest dengan nilai masing-masing nilai sig. (2-tailed) probabilitas 0,005 pada taraf signifikansi nilai 0.05 (p<0.05). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan  bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan tradisional Buton untuk meningkatkan prososial siswa yang dilakukan, berhasil secara signifikan atau efektif untuk dilakukan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...