Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar membaca pemahaman mengunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) dengan strategi konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 27 siswa kelompok 1 dan 27 siswa kelompok 2. Instrumen penilitian berupa tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh bahwa (1) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu diperoleh rata-rata (posttest) sebesar 78,52 kategori baik dan (2) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman dengan strategi konvensional siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan rata-rata sebesar 68,52 kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaan kategori penguasaan pemahaman. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan pemahaman reorganisasi siswa dengan baik dan siswa lebih aktif.
Copyrights © 2020