Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 6, No 1 (2021): JANUARI

Persepsi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online

Sri Yatun (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Mohammad Salehudin (Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Denok Lailatin Komariah (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Nur Eka Rizky Aminda (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Pratiwi Hidayati (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Nur Latifah (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Aisyah Aisyah (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)
Yani Yani (Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Anak usia dini adalah sosok unik, dalam pembelajaran tatap muka di kelas dan lingkungan sekolah anak selalu diperhatikan, dididik, dinasehati dan dicontohkan untuk memiliki nilai karakter mulia. Namun dalam pembelajaran online hal itu mendapat perhatian serius bahwa proses pembelajaran harus terus berjalan dan penanaman disiplin juga harus terus diwujudkan, sehingga penelitian ini menarik untuk dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi orang tua dan guru dalam menanamkan disiplin anak usia dini pada pembelajaran online. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode survey, sampel ditetapkan secara purposive sampling dengan kriteria tertentu, yang ditetapkan 38 orang menjadi responden adalah orang tua dan guru yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Instrumen diadaptasi dari berbagai sumber dan literatur dibuat dalam 13 item pertanyaan dengan skala Likert di buat dengan google form disebarkan pada bulan oktober-november 2020. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai-nilai karakter anak berupa disiplin menjadi nilai utama bagi perilaku anak dan setiap manusia, dalam penelitian ini persepsi orang tua dan guru dalam menanamkan disiplin anak usia dini dapat disimpulkan dengan arti baik dan bahkan sangat baik pada item indikator tertentu. Saran penelitian berikutnya diharapkan dapat menambahkan variabel sikap dan perilaku lainnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...