PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 02 (2021): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini

Aisyah Izza Hamida Akemad Wahyudi (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Choirun Nisak Aulina (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Kemampuan mengenal bentuk geometri sangat diperlukan bagi anak usia dini sebagai dasar kemampuan dalam mengenal bentuk - bentuk geometri, mengklasifikasikan bentuk, membedakan ukuran, berpikir rasional dan dapat mengetahui konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif pre – eksperimen jenis one – group pretest posstest design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sedati dengan teknik random sampling yang berjumlah 25 anak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil tes yang dilakukan secara observasi kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji T Dependen. Hasil penelitian thitung adalah 22,8 dan ttabel adalah 2,063, sehingga thitung > ttabel. Dengan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun. Dan media tangram termasuk dalam pengaruh kategori tinggi terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sedati dengan menggunakan rumus N Gain dengan hasil 8,125.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...