PROSIDING SEMINAR NASIONAL AGRIBISNIS
PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI MARITIM (Pengelolaan Ekonomi Maritim yang Mandiri dan Berkelanjut

Analisis Saluran dan Efisiensi Pemasaran Abalon (Haliotis Asinina) di Kabupaten Buton

Endryawan, Endryawan (Unknown)
Bafadal, Azhar (Unknown)
Salam, Idrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis saluran dan efisiensi pemasaran abalon di Kabupaten Buton. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Juli 2015 dengan metode survey. Sampel nelayan ditentukan dengan metode sampling jenuh (sensus), sedangkan sampel pedagang ditentukan dengan metode penelusuran mengikuti teknik snowball sampling. Analisis saluran pemasaran dilakukan dengan analisis deskriptif. Analisis efisiensi pemasaran dilakukan dengan analisis margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran abalon di Kabupaten Buton terdiri dari dua saluran, saluran pertama secara berturut-turut terdiri atas : nelayan, pedagang pengumpul desa, pedagang antar pulau dan eksportir. Saluran pemasaran kedua secara berturut-turut terdiri atas : nelayan, pedagang antar pulau, dan eksportir. Margin pemasaran terbesar yaitu pada pedagang antar pulau yaitu sebesar Rp. 113667 per kilogram. Saluran pemasaran 

Copyrights © 2016