Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di Kelompok B5 TK Kartika xx-46 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisi data pada siklus I, aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 85,7%, aktivitas belajar anak sebesar 71,4%, dan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan eksperimen sebesar 55%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,9%, dan aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 85,7%, dan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan eksperimen sebesar 85% .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020