Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui media boneka jari di Kelompok B RA Al-Mu’Minin Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada Kelompok B RA Al-Mu’Minin Kota Kendari yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 12 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 Tahun. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 56,2% meningkat menjadi 87,5% pada siklis II, aktivitas belajar anak pada siklus I sebesar 62,5% meningkat menjadi 93,7% pada siklus II. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan bercerita anak melalui media boneka jari menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 40% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85%.
Copyrights © 2020