Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 3, No 1: Maret 2020

Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’

Yulinda, Okta (Unknown)
Abubakar, Sitti Rahmaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode iqro’ pada Kelompok B TK Bina Bangsa Baruga Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B TK Bina Bangsa Baruga Kendari berjumlah 15 orang. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 72,22% dan ketidak tercapaian sebesar 27,78%. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh persentase sebesar 66,67% dan ketidak tercapaian sebesar 33,33%. Hasil belajar siklus I diperoleh presentase 53,33%. Pada siklus II persentase aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 94,44% dan ketidak tercapaian sebesar 5,56%. Sedangkan persentase aktivitas belajar anak pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 93,33% dan ketidak tercapaian sebesar 66,67%. Hasil belajar anak siklus II di peroleh presentase sebesar 93,33%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...