Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode iqro’ pada Kelompok B TK Bina Bangsa Baruga Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B TK Bina Bangsa Baruga Kendari berjumlah 15 orang. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 72,22% dan ketidak tercapaian sebesar 27,78%. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh persentase sebesar 66,67% dan ketidak tercapaian sebesar 33,33%. Hasil belajar siklus I diperoleh presentase 53,33%. Pada siklus II persentase aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 94,44% dan ketidak tercapaian sebesar 5,56%. Sedangkan persentase aktivitas belajar anak pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 93,33% dan ketidak tercapaian sebesar 66,67%. Hasil belajar anak siklus II di peroleh presentase sebesar 93,33%.
Copyrights © 2020