Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain balok di TK Mandarano Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B2 TK Mandarano Kendari yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 76,9%, pada aktivitas belajar anak didik siklus I sebesar 75% dan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain balok diperoleh persentase ketercapaian sebesar 80%. Hasil analisis  dari data aktivitas mengajar guru pada siklus II mengalami peningkatan dengan diperoleh persentase 92,3%, pada aktivitas belajar anak didik siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,7% dan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain balok mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 93,3%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak di TK Mandarano Kendari dapat ditingkatkan melalui metode bermain balok.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020