Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media papan flanel di kelompok B TK Dharma Wanita Wapunto Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Dharma Wanita Wapunto Kabupaten Muna yang berjumlah 16 orang anak. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 75%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase  ketercapaian  sebesar 62,5% sedangkan hasil belajar anak berupa meningkatkan kemampuan berhitung melalui media papan flanel sebelum dilakukan tindakan sebesar 62,5% anak memperoleh nilai BSH dan MB kemudian meningkat pada siklus I sebesar 75%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 87,5%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 87,5% dan hasil belajar anak berupa meningkatkan kemampuan berhitung melalui media papan flanel meningkat sebesar 93,75%.
Copyrights © 2020