Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menganyam di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 09 Wasior Kab. Teluk Wondama Papua Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 09 Wasior yang berjumlah 21 orang anak. Berdasarkan analisis data dari hasil observasi aktivitas mengajar guru siklus I diperoleh ketercapaian sebesar 80% melalui kegiatan menganyam. Aktivitas belajar anak siklus I ketercapaian sebesar 70% melalui kegiatan menganyam. Kreativitas anak melalui kegiatan menganyam diperoleh ketercapaian pada siklus I sebesar 61,9%. Pada siklus II, aktivitas mengajar guru siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketercapaian sebesar 100%. Hasil aktivitas belajar anak siklus II diperoleh ketercapaian menjadi 90%. Kreativitas anak melalui kegiatan menganyam diperoleh persentase sebesar 90.48%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menganyam di kelompok B TK Kemala Bhayangkari 09 Wasior Kab. Teluk Wondama Papua Barat.
Copyrights © 2020