Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar di kelompok B2 TK Wulele Sanggula II Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak di Kelompok B2. Berdasarkan hasil analisis belajar anak tentang meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar pada siklus I memperoleh persentase sebesar 72,21% atau 10 anak didik mengalami peningkatan sebesar 88,89% atau 16 anak didik dari 18 anak. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas mengajar guru siklus I dan siklus II, pada siklus I sebanyak 12 aspek yang diperoleh persentase sebesar 83,33% atau 10 aspek yang dicapai. Sedangkan pada siklus II hasil mengajar guru meningkat menjadi 91,67% atau 11 aspek yang tercapai. Pada aktivitas belajar anak didik pada siklus I dari 12 aspek yang diperoleh persentase sebesar 83,33% atau 10 aspek yang tercapai. Sedangkan aktivitas mengajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,30% atau sebanyak 13 aspek yang tercapai.
Copyrights © 2020