Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2020)

HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 PURIALA

Femita, Femita (Unknown)
Surdin, Surdin (Unknown)
Amaluddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Masalah kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Puriala yang peneliti amati dilihat dari siswa yang sering terlambat datang ke sekolah dan tidak mengumpulkan tugas tepat waktu,kurang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan dan sering keluar masuk kelas ketika ada guru di dalam ruangan,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar geografi pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Puriala. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif korelasional yakni penelitian yang dimaksud bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh antara dua atau beberapa variabel tanpa ada upaya untuk mengetahui variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel.Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X IIS yang berjumlah 30 orang, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dan uji korelasi sederhana ,Hasil penelitian diperoleh F hitung sebesar 5,976 dan F tabel sebesar 4.20. pada kedua perhitungan Fhitung ≥ Ftabel menunjukan bahwa antara kdisiplinan dengan hasil belajar memiliki suatu hubungan yang dapat mempengaruhi satu sama lain.Sedangkan nilai koefisien korelasi di peroleh T hitung sebesar 0,751 dan koefisien korelasi T tabel sebesar 0,61 sehingga ada korelasi yang kuat antara disiplin belajar dan hasil belajar siswa.Adapun hubungan kedua variabel tersebut berupa positif dan signifikan. Hubungan tersebut berjalan secara berbanding lurus, artinya apabila siswa memiliki sikap disiplin yang termaksud dalam kategori tinggi, maka akan memperoleh hasil belajar yang optimal. Sebaliknya, apabila sikap disiplin siswa termasuk dalam kategori rendah maka hasil belajar yang diperoleh rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...