IQRO: Journal of Islamic Education
Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021

Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Jumaeri Jumaeri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Palopo (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan kendala implementasi kurikulum 2013 di MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IIK1 tahun ajaran 2019/2020 MAN Palopo. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dikelas XI IIK1 tahun ajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Akidah Akhlak meningkat, banyak siswa yang melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh guru. Hal ini disebabkan dengan pengimplementasian kurikulum 2013 guru menggunakan berbagai metode pada proses pembelajaran seperti permainan ular tangga dan penayangan video-video yang sesuai dengan materi sehingga siswa bersemangat dan tidak merasa bosan di dalam kelas menerima materi. Faktor pendukung Implementasi kurikulum 2013 di MAN Palopo yaitu tersedianya buku bahan ajar, sarana dan prasarana yang memadai seperti LCD, Laboratorium, perpustakaan. Adapun kendalanya yaitu guru-guru senior yang kurang paham dengan teknologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...