Journal of Biology Education
Vol 3, No 2 (2020): Journal Of Biology Education

Teams Games and Tournament (TGT) Berbasis Outdoor Study untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Fauziah, Hanin Niswatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teams Games and Tournament (TGT) berbasis outdoor study terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII B (eksperimen) dan kelas VII A (kontrol) dengan jumlah 64 peserta didik. Pengambilan data dengan cara membagikan soal essay kepada peserta didik sebelum dan sesudah aplikasi model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) berbasis outdoor study. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan software Minitab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai P-Value sebesar 0,000. Karena nilai P-Value  kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan argumentasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) berbasis outdoor study dengan kemampuan argumentasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...