RAUDHAH
Vol 8, No 2 (2020): RAUDHAH

Pengaruh Metode Latihan Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Mushtofawiyah

Yusnaili Budianti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Uki Putriani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Sri Wahyuni (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya aspek perkembangan nilai agama dan moral Anak sesuai kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan (drill) terhadap perkembangan nilai agama dan moral Anak usia 5-6 tahun di RA Al-mushthofawiyah tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini sebanyak 28 anak dari kelas b yang terdiri dari 2 kelas (masing-masing 14 anak). Sampel diambil dengan teknik boring sampling/total sampling yakni keseluruhan jumlah populasi yang berjumlah 28 orang anak dari 2 kelas. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan (drill) terhadap perkembangan nilai agama dan moral Anak usia 5-6 tahun di RA Al-mushthofawiyah tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk menggunakan metode latihan (drill) jika ingin mengembangkan aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini.

Copyrights © 2020