Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban
Vol 9 No 1 (2021): Article Research

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI SISWA BROKEN HOME (STUDI KASUS SISWA SMK AR- RAHMAH BANTUL)

Yazida Ichsan (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Diane Monika Silvi Rera (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

Diskursus berkaitan dengan internalisasi pendidikan Islam bagi siswa broken home pada dasarnya merupakan kajian yang sangat menarik. Disatu sisi, lembaga pendidikan memiliki andil besar dalam mengembangkan potensi bagi siswa, disisi lain sekolah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tri pusat pendidikan. Dewasa ini, munculnya fenomena keluarga broken home berdampak secara langsung bagi dunia pendidikan sehingga upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam tidak dapat terpisahkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha menggambarkan penyebab broken home, perilaku siswa berlatarbelakang broken home dan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di SMK Ar-Rahmah. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dilakukan sekolah untuk menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan.Pertama, melalui pembiasaan seperti ibadah, maupun 6 SMTP (Senyum, Salam, Sapa, Santun, Sabar, Sodaqoh, Maaf, Terima Kasih dan Permisi). Kedua, melaui jurnal harian siswa. Ketiga, melalui konseling dan bimbingan keagamaan.Kegiatan ini dilakukan secara individual maupun klasikal sehingga siswa mampu mengaktualisasikan diri dan mengatasi permasalahan sehingga terealisasi pribadi yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-afkar

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban merupakan jurnal keislaman dan peradaban dengan kajian multidisipliner, terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober), dikelola oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fak. Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri Tembilahan. Redaksi menerima ...