Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pembudayaan Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran dan factor penghambat dan pendukung Sistem Pembudayaan Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Batam. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Hasil penelitian tentang Sistem Pembudayaan Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Batam Khususnya di Kelas XII IPS 5, diperoleh system tersebut sebagaimana yang telah ditemukan yaitu adanya kegiatan sosialisasi pembudayaan nilai toleransi beragama, pembelajaran yang menanamkan sikap, pembinaan, pengajaran, orientasi pembelajaran dengan memberikan perhatian lebih pada pembudayaan nilai toleransi beragama dan pembelajaran mengenai saling menghargai dan menghayati ajaran sikap.Sedangkan hasil temuan penelitian dari faktor penghambat sistem pembudayaan nilai toleransi beragama dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Batam Khususnya di Kelas XII IPS 5 yaitu belum dilaksanakannya penilaian kompetensi sikap, belum ada penentuan waktu yang ditetapkan untuk mengevaluasi atau mengoreksi tentang sikap, minimnya jam pelajaran dan kurangnya pemasukan dana dalam pengelolaan rumah ibadah. Selanjutnya temuan penelitian dari factor pendukung yaitu adanya hubungan yang baik antara guru dan siswa dan adanya kesadaran dari siswa terhadap pembudayaan nilai toleransi beragama dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pembudayaan, Toleransi, Beragama, Pembelajaran.
Copyrights © 2021