Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 6, No 2 (2021): Mei 2021

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PILPRES 2019 DI KABUPATEN ACEH UTARA (Studi Penelitian Di Kecamatan Dewantara)

noviyanti noviyanti (Universitas Syiah Kuala)
Ubaidullah, MA (Unknown)
Ardiansyah, S.IP, MA (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

ABSTRAK, Tingkat partisipasi pemilih pemula pada pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara mengalami peningkatan dibandingankan dengan tingkat partisipasi pemilih pemula pada pilpres tahun 2014. Maraknya kampanye yang dilakukan melalui media sosial dapat dianggap sebagai pengaruh peningkatan partisipasi pemilih pemula. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh media sosial terhadap partisipasi pemilih pemula pada pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara dan menjelaskan bentuk kampanye di media sosial yang berpengaruh terhadap partisipasi pemilih pemula pada pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media sosial terhadap partisipasi pemilih pemula pada pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara bisa dilihat dari ketergantungan pemilih pemilih pemula terhadap media sosial, mayoritas peserta pemilu menggunakan media sosial untuk menjangkau pemilih dalam berkampanye, media sosial memudahkan pemilih pemula dalam mengakses informasi politik, jenis dan durasi penggunaan media sosial pemilih pemula serta dampak kampanye melalui media sosial terhadap pemilih pemula. Bentuk kampanye di media sosial yang berpengaruh terhadap pemilih pemula yaitu bentuk kampanye via youtube, instagram, facebook, whatsapp serta kampanye menggunakan hashtag. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap partisipasi pemilih pemula pada pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara. Informasi yang meraka dapat memiliki peran baik langsung maupun tidak langsung untuk mendorong peningkatan partisipasi pemilih pemula untuk mengambil suatu keputusan  politik. Bentuk kampanye media sosial yang paling terpengaruh yaitu kampanye via facebook. Saran diharapkan kepada pemilih pemula agar lebih cerdas dalam mengkonsumsi informasi dimedia sosial, kepada peserta pemilu agar informasi yang diberikan lebih kepada informasi yang mendidik bukan hanya semata-mata untuk meraup suara dengan cara-cara yang negatif. Kepada penyelenggara pemilu agar dapat membuat aturan yang lebih baik lagi mengenai tata cara berkampanye melalui media sosial. Kata Kunci : Pengaruh Media Sosial, Partisipasi, Pemilih Pemula, Pilpres ABSTRACT, The participation rate of new voters in 2019 in Aceh Utara District has increased compared to the participation rate of first-time voters in 2014. The rise of campaigns conducted through social media can be added as an increase in the participation of first-time voters. The purpose of this study is to explain the influence of social media on participation of beginners in the 2019 presidential election in Aceh Utara Regency and to explain the form of campaigns on social media that affect first-time voters in the 2019 presidential election in Aceh Utara Regency. Type of qualitative research. The data techniques used were interviews, observation and documentation. The results show that the influence of social media on first-time voters in the 2019 presidential election in Aceh Utara Regency can be seen from the dependence of first-time voters on social media, election participants who use social media to reach voters in campaigning, social media makes it easier for novice voters to access political information , types and duration of use of beginner social media and the impact of social media campaigns on first-time voters. The form of campaigns on social media that affect first-time voters is the form of campaigns through YouTube, Instagram, Facebook, WhatsApp and campaigns using hashtags. The conclusion of this study is that social media has a great influence on the participation of first-time voters in the 2019 presidential election in Aceh Utara Regency. Information that comes from girls who have a role, directly or indirectly, in increasing the level of participation of novice beginners in making political decisions. The most appropriate form of social media campaign is a campaign through Facebook. Suggestions are expected to first-time voters to be smarter in consuming information in social media, participants so that the information provided is more educational, not just eye elections to get votes in negative ways. To the election organizers so that they can make even better rules regarding campaigning procedures through social media. Keywords: Social Media Influence, Participation, Beginner Voters, Presidential Election

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...