Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengetahuan dasar matematika mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil terhadap kemampuan konversi satuan, dan untuk mengetahui persentase kesalahan  fisis yang telah dilakukan oleh mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis deskriptif korelasi. Sampel penelitian ini 53 orang mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil. Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pengetahuan dasar matematika dengan kemampuan konversi satuan mahasiswa baru, dimana nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,513.  Jika dilihat dari koefisien determinasi yang besarnya 0,263, maka 26,3% kemampuan konversi satuan mahasiswa baru dapat ditentukan oleh pengetahuan dasar matematika mahasiswa. Persentase kesalahan fisis memasukan angka mahasiswa sebesar 38,67% dan kesalahan menuliskan satuan sebesar 32,31%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021