Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 10, No 2 (2020)

Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013

Teguh Yunianto (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Suyadi Suyadi (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Suherman Suherman (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Karakter akhlak dalam abad 21 dapat dibentuk dengan meningkatkan aspek pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap pembentukan karakter akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen dengan desain posttest only control design. Penelitian ini menggunakan dua subjek kelompok dengan dua kelas eksperimen sebanyak 63 siswa. Data pengujian hipotesis uji-t 2 sampel tak berkolerasi diperoleh dengan soal essay berdasarkan indikator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model pembelajaran STAD memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap pembentukan karakter akhlak siswa dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Sehingga model STAD dapat dijadikan solusi pembelajaran abad 21.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...