Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Ciri utama dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah penelitian partisipan dimana peneliti terlibat secara langsung dan penuh dalam penelitian mulai dari awal sampai akhir penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 18 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d Oktober 2015, pokok bahasan yang disampaikan adalah ”materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan Dunia”. Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 18 Palembang yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching hasil belajar peserta didik meningkat dapat dilihat dari hasil sebelum dilakauakan tindakan dan sesudah dilakaukan tindakan yaitu; pra siklus (52,63%), siklus I (71,05%), dan siklus II (89,47%). Berarti terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dan aktifitas proses pembelajaran para peserta didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 18 Palembang aktifitas hasil belajar peserta didik, maka penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.
Copyrights © 2021