Pembelajaran IPA di SDN 84/IX Kasang Lopak Alai umumnya masih menunjukkan kualitas yang belum memuaskan. Keaktifan guru selama proses pembelajaran pada umumnya sangat dominan, sementara siswa mendengarkan dan mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V menggunakan metode inkuiri. 2) mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar siswa Kelas V menggunakan metode inkuiri. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya tentang materi perubahan wujud benda. Instrumen tes pilihan ganda digunakan untuk teknik pengumpulan data. Analisis kuantitafif di gunakan pada teknik analisis data. Pada penelitian ini hasil yang didapat : 1) Dapat meningkatkan prestasi metode inkuiri pada belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD. Rata-rata nilai dibuktikan dari kondisi awal 68, naik menjadi 70 pada siklus I, pada siklus II menjadi 77. Persentase ketuntasan pada kondisi awal sebesar 72,2%, pada siklus I menurun menjadi 65,4% dan pada siklus II naik menjadi 80,8%. 2) upaya peningkatan prestasi belajar siswa Kelas V SD menggunakan metode inkuiri telah berhasil dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) orientasi, (b) merumuskan masalah, (c) mengajukan hipotesis, (d) mengumpulkan data, (e) membuat kesimpulan, (f) mempresentasikan hasil dan (g) evaluasi.
Copyrights © 2020