Metode pembelajran dengan metode ceramah kurang menarik minat siswa sehingga menyebabkan rendahnya partisipasi siwa dalam proses pembelajaran. Kondisi proses pembelajaran yang belum baik menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Menumbuhkan motivasi belajar merupakan tujuan dari penelitian ini, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode role playing pada siswa SDN 09/Kota Karang kelas I, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Menggunakan model siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Siswa kelas I subjek penelitian ini yang berjumlah 14 siswa dan objeknya adalah siswa dengan mata pelajaran IPS. Melalui dokumentasi, observasi, tes dilakukan Metode pengumpulan data. Analisis deskritif kuantitatif yang digunakan sebagai teknik analisis data. Menunjukkan adanya peningkatan pada hasil penelitian terlihat dengan hasil belajar IPS. Bertambahnya motivasi belajar siswa dpat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa pada data awal siswa yaitu 59.64 dari rata-rata nilai dan memiliki sebesar 57.14% ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa menjadi 67.86 pada akhir siklus pertama dengan menjadi 71.43% ketuntasan belajarnya dan nilai rata-rata siswa naik menjadi 75 pada akhir siklus kedua dengan mencapai 92.2% ketuntasan belajar siswa. Meningkatnya hasil belajar juga diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2020