Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (KPKM) siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tidakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa 26 orang. Objek penelitian adalah tingkat motivasi belajar siswa dan KPKM siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar dan KPKM siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. nilai ketuntasan klasikal siswa pada siklus I yaitu 73,08 % dan siklus II 96,15%. Selanjutnya pada KPKM siswa ketuntasan klasikal siswa pada siklus I yaitu 80,77 % dan siklus II 92,31%. Dengan demikian melalui dua siklus penelitian tindakan kelas yang dilakukan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (KPKM) siswa.
Copyrights © 2020