JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021

PERUBAHAN KONSEPSI IPA SISWA KELAS IV SDN KAPASARI I SURABAYA MELALUI MODIFIKASI MODEL PEMEROLEHAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT MODEL)

Mashuri . (Universitas Negeri Surabaya)
Muslimin Ibrahim (Universitas Negeri Surabaya)
Utiya Aziza (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil konsepsi IPA siswa kelas IV SDN Kapasari I Surabaya sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan modifikasi model pemerolehan konsep (Concept Attainment Model). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kapasari I Surabaya yang berjumlah 27 siswa dengan desain penelitian one grup pretest-posttest. Instumen yang digunakan adalah Three Tiers Instrument. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan hasil terlaksananya modifikasi model pemerolehan konsep (Concept Attainment Model) dengan baik, dan terjadi perubahan penguasaan konsep siswa. Hasil pretest dan posttest siswa digunakan untuk mengetahui adanya perubahan profil konsepsi siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Peningkatan ini dapat diketahui melalui analisis N-Gain (normalized gain). Peningkatan penguasaan konsep siswa kelas IV SDN Kapasari I Surabaya dengan menggunakan modifikasi model pemerolehan konsep pada saat pretest dan posttest adalah 0,93 atau meningkat sebesar 93%. Kesimpulan penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan modifikasi model pemerolehan konsep (Concept Attainment Model) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Kapasari I Surabaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...