JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

GENRE-BASED LEARNING TO PROMOTE STUDENT’S CRITICAL THINKING IN INFORMAL EDUCATION

Moh. Rismala (Universitas Negeri Surabaya)
Oikurema Purwati (Universitas Negeri Surabaya)
Ali Mustofa (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Penelitianini ertujuan untuk mempelajar ipenerapan pendekatan Genre-Based untuk mengembangkan pola berfikir kritis siswa di Edulab. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan secara mendalam dengan beberapa sumber informasi. Fenomena yang diteliti adalah implementasi dari lima langkah pendekatan Genre-Based dalam proses pembelajaran yang meliputi building the context, modelling and deconstructing the text, joint construction of the text,dan independent construction of the text. Disamping itu, penelitian ini juga menganalisis aspek cara berfikir kritis dari tulisan siswa. Pengambilan data melibatkan 1 guru bahasa inggris dan 5 siswa SMA dari masing-masing 2 kelas dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi berupa teks argumentasi yang ditulis siswa. Dengan mengimplementasikan semua step dari genre-based cycle dan strategi scaffoldingkemandirian siswa dalam menulis teks, pendekatan genre-based berjalan dengan sangat baik. Hasilnya menunjukkan siswa mampu memahami dan melatih menulis teks argumentasi tahapan demi tahapan. Disamping itu, penggunaan GBA menyebabkan guru menjadi lebih kreatif dan tertata. Disisi lain, siswa tidak hanya mampu untuk menjawa pertanyaan, tetapi juga mampu untuk menulis teks yang baik dengan kesadaran pentingnya bahasa inggris sebagai bahasa asing dan mampu untuk berkomunikasi menggunakan bahasa target.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...